Media penyimpanan data digital di zaman serba canggih saat ini turut mengikuti perkembangan. Jika dahulu anda mengenal hanya media penyimpanan data seperti flashdisk atau harddisk yang bersifat portable sehingga dapat dibawa kemana saja. Kini teknologi mutakhir menawarakan penyimpanan online yang bisa diakses kapan saja meskipun lewat ponsel anda. Teknologi tsb dengan Cloud Storage.
Apa sih yang di maksud Cloud Storage itu? Cloud Storage merupakan media penyimpanan yang dalam pengaksesannya memerlukan jaringan internet dimana ketika seseorang lupa membawa storage device nya misalkan flasdisk nya ketinggalan, maka bisa mengambil data dari cloud storage ini, tentunya secara online dan sebelumnya sudah disimpan disana. Dengan Cloud Storage ini, sangat memberikan efisiensi waktu dan tempat. Jika dulu kita harus bawa CD/HDD Ext/Flashdisk, dengan adanya Cloud Storage, mereka hanya menyimpan data di Internet. Dan apabila butuh tinggal mendownload kapanpun dan dimanapun.
Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Ada beberapa media layanan dari cloud storage yakni icloud, dropbox, google drive,microsoft sky drive, sugar sync, box, amazon cloud drive.
Bagaimana ? apakah anda minat untuk mencobanya ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *